Label Sticker : Awal Mula dan Manfaat Label Sticker




Sejarah Self-Adhesive label

Kertas warna-warni label telah digunakan untuk mengidentifikasi produk sejak awal 1880-an. Diperkenalkan ke Amerika oleh seniman Eropa, profesi ini kemudian dikenal sebagai litografi: yakni seni komersial pertama. Tujuannya adalah agar memudahkan pengusaha untuk memperoleh calon pelanggan dengan memvisualkan produk atau jasa usahanya. Label pertama kali yang diproduksi adalah karet yang digunakan untuk menempel label di permukaan benda berupa lapisan kaca, logam, ataupun dinding. Di saat komoditas buah yang dipanen hasilnya lebih besar daripada kebutuhan penduduk setiap musimnya, ditambah begitu ketatnya persaingan di pasar lokal. Sementara penjual membutuhkan cara baru untuk dapat menemukan strategi selangkah lebih maju daripada para pesaing mereka. Jawabannya? Sudah bisa ditebak: menggunakan label! Orchard sebagai pemilik label pertama memiliki ide bahwa konsep baru dari litografi ini telah berhasil memberikan solusi untuk memasarkan komoditas buah. Caranya adalah label digunakan pada peti cedar yang penuh buah, kaleng sayuran, dan kotak cerutu.

Saat ini, beberapa label ini telah menjadi bagian koleksi dan dapat ditemukan serta dibeli di toko-toko antik. Munculnya beberapa label pertama ada di masa 1930-an, seorang pengusaha bernama R. Stanton Avery memproduksi self-adhesive label pertama di dunia. Bisnis mereka ternyata sukses dan laris manis. Label ini dibuat dengan permukaan kertas dan lapisan perekat. Manufaktur seterusnya membuat permukaan kertas ditempel dengan lapisan perekat. Permukaan kertas ini mempunyai lapisan silikon khusus. Istilah "pressure sensitive" telah menjadi kata terkenal dalam bidang industri untuk jenis teknik tersebut (kertas tempel atau dikenal label sticker). Label “pressure sensitive” sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup kita saat ini.

Inkjet Printer, suatu penemuan yang mengubah semuanya, sebuah penemuan printer inkjet di awal tahun 80-an telah mengubah masa depan dunia pelabelan. Kemudian inkjet printer mulai diproduksi massal, orang kemudan gemar membuat desain sendiri dan mencetak label sticker mereka sendiri. Lembar ukuran A4 menjadi ukuran standar untuk pembuatan label dengan inkjet printers. Di saat harga printer inkjet dan tinta turun, penjualan inkjet label meledak untuk skala penggunaan rumah dan skala bisnis kecil. Kebanyak sudah tidak lagi mengandalkan label printer khusus dan membayar biaya tinggi untuk produksinya.

Teknologi membantu mempermudah pencetakan label. Komputer menjadi barang favorit bagi setiap orang dan lebih populer serta kemudian mudah ditemukan di setiap tempat usaha dan rumah tangga!! Microsoft Windows termasuk label merk nama yang terkenal dan mudah dijumpai di banyak label sticker. Saat ini hampir semua orang bisa mencetak sendiri label di tempat kerja atau di rumah.

Kemudian-tahun bersejarah muncul pada tahun 1969, Gary Starkweather, di Fasilitas Penelitian Xerox di Webster, New York, menunjukan cara menggunakan sinar laser dengan proses xerography untuk dapat membuat laser printer. Pada tahun 1984 Hewlett-Packard memperkenalkan jenis baru metode pencetakan: yakni LaserJet printer laser pertama di dunia, menampilkan resolusi 300dpi, yang dibanderol seharga $3.600 US Dollar.

Konsumen percetakan tumbuh pesat dan harga produksi label sticker menjadi terjangkau, harga printer laser menurun dengan cepat dan produk ini (printer laser) sangat terkenal segera setelahnya, hampir setiap bisnis selalu membutuhkan label sticker. Di awal 1990-an harga printer laser yang sangat rendah menjadikan konsumen perorangan mulai membeli sendiri! Kenyamanan mencetak label sendiri menjadi populer. Berbagai jenis program perangkat lunak label diperkenalkan. Pengenalan yang mudah menggunakan laser printer untuk mencetak label sticker hanyalah membantu mencetak beberapa desain yang tidak membutuhkan gradasi warna yang begitu detil dan dengan skala produksi yang kecil, namun hal ini membuat popularitas laser printing dengan label sticker mulai tumbuh.

Memiliki inkjet atau laser printer di rumah? Sekarang semua orang dapat mencetak semua label sticker dengan kemudahan baik dengan tingkat gradasi warna lebih tinggi dan meningkatkan kecepatan hemat uang dan waktu. Bagaimana dengan skala produksi besar? Desain terasa rumit? Atau beli printernya masih terasa lebih mahal?

Segera kontak kami dan konsultasikan kebutuhan desain label sticker dengan kami.

No comments:

Post a Comment