Sticker Label : Buat Produkmu Jadi Elegan


Sticker produk transparan yang ditempel di kemasan botol terlihat elegan dan menarik. Harga sticker di atas cukup Rp. 21.000 bukan harga satuan namun harga untuk cetak kertas sticker berukuran 33cm x 47cm, dan harga tersebut belum termasuk desain. Jasa desain untuk di awal hanya dikenakan Rp. 25.000 saja, murah banget. Kalau sticker bukan transparan malah bisa kena harga lebih murah yakni Rp. 16.000 untuk per lembar (33cm x 47cm). Dapatnya berapa banyak sticker? Tentu tergantung ukuran desain logo produk yang ada. Konsultasikan kebutuhan desain logo produkmu ke WA 087821608283.

Kunjungi FB : Adelia Maeda
IG : Maefez23

------------------------------------------------------------------------------------------------

Sticker label saat ini sudah menjadi cara gampang untuk menandai atau membuat merk bagi produk usaha UMKM. Cetak dan tinggal tempel, harganya pun sangat terjangkau. Ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum membuat sticker label, khususnya bagi para pelaku UMKM (pengusaha mikro dan kecil) sebaiknya lakukan survey “kecil-kecilan” terlebih dulu, agar tidak salah memilih percetakan setidaknya dalam hal anggaran, yakni :

Adakah layanan gratis untuk pembuatan desain untuk sticker label?
Dengan adanya layanan gratis, setidaknya dapat menghemat anggaran yang cukup signifikan. Dapat dicek di google dengan kata kunci “jasa buat logo” atau “jasa desain branding”, setahu penulis biaya yang dikenakan paling murah sebesar Rp. 150,000 bahkan ada yang sampai jutaan. Meski layanan gratis, ada baiknya sudah menyiapkan contoh logo yang diinginkan, seperti dari model logo, komposisi warna yang dipakai, dan atau karakter tulisan yang dibuat. Dengan menyertakan contoh maka desainer percetakan sangat terbantu, setidaknya tahu dan paham maksud dan selera pemesan. Dan dengan cara ini akan meminimalisir adanya revisi atau perbaikan. Akan sangat tidak nyaman apabila layanan konsultasi desain gratis namun sering terjadi revisi.

Adakah ketentuan minimal order?
Cari percetakan yang setidaknya sangat minim menentukan minimal order atau bahkan sama sekali yang tidak menentukan adanya minimal order. Hal ini akan sangat membantu untuk mencoba tes pasar dengan model dan desain label produk usaha, apakah ada banyak yang suka? Apakah banyak yang laku karena pakai logo atau label produk baru? Atau adakah segmen pasar (ceruk pasar) tertentu yang harus dicoba dengan desain logo atau label yang berbeda?
Dengan tidak adanya ketentuan minimal order sangat membantu para pelaku usaha mikro dan kecil, apalagi para pelaku usaha yang memiliki produk usaha yang sangat beragam.

Adakah layanan konsultasi lewat obrolan chat dan bisa kirim pesanan lewat ekspedisi?
Saat ini layanan tersebut sudah umum dijumpai, namun tetap pastikan terlebih dulu. Percetakan besar yang sudah terkenal biasanya sudah sangat sibuk untuk melayani pesanan para pelanggannya. Dan kebanyakan sudah jarang ada waktu untuk berlama-lama diajak ngobrol sekedar untuk berkonsultasi. Kalaupun ada, kebanyakan juga sudah mempersiapkan template dan portfolio desain, sehingga para konsumen khususnya yang baru, tinggal pilih dan tidak perlu repot cari ide baru lagi.

Beberapa poin di atas menyangkut dari layanan percetakan, sementara yang perlu disiapkan dari para konsumen sebelum menghubungi percetakan, yakni :
Berapa budget yang sudah disiapkan?
Adakah desain label berupa logo, nama, dan kata-kata yang sifatnya promosi?
Ukuran label yang dibutuhkan?

Perhatikan juga produk yang akan diberi label :
Ukuran kemasan produk
Warna dasar dari kemasan produk
Jenis produk

Kemasan produk berukuran besar, tentu butuh ukuran label yang besar juga, setidaknya 35%-60% space dari kemasan produk tampak depan yang terlihat terisi oleh label. Pertimbangkan juga informasi apa saja yang sebaiknya akan ditampilkan dalam label. Pada intinya informasi dalam label yang harus dimuat (sebaiknya) :
Logo
Nama brand atau merk
Nomer kontak
Dan kalau produknya berupa makanan atau minuman, biasanya ada keterangan tambahan berupa keterangan sertifikasi, perijinan, bahan yang dipakai, manfaat yang diperoleh, dan atau kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Bentuk sticker yang optimal ya hanya 1 yakni dalam bentuk persegi empat, apakah persegi panjang atau bujursangkar, atau bisa juga persegi enam sama sisi. Di luar bentuk itu, sudah dapat dipastikan pasti ada sisa kertas yang terbuang. Usahakan jangan dalam bentuk oval lonjong, karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses cutting-nya.

Warna dasar kemasan produk juga harus mendapatkan perhatian, apakah akan disamakan dengan warna label, main gradasi warna, ataukah malah ekstrim main tabrak warna yang sangat berbeda nuansanya. Tidak ada yang salah selama konsepnya jelas. Seperti botol kemasan dengan warna bening transparan, biasanya pakai sticker label transparan juga.

Jenis produk yang dimaksud adalah produk dingin (basah) ataukah kering, harus pastikan ke percetakan bersangkutan apabila produk yang akan diberikan label yakni produk dingin. Hal ini dikarenakan perlu sticker dengan bahan perekat kuat untuk dapat ditempel di botol. Dan jelas bahan stickernya pun memakai bahan plastik atau vinyl.

Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang detil dan bermanfaat sebelum melakukan pemesanan sticker label.

No comments:

Post a Comment