10 Tips Buat Desain Kartu Nama


Berikut ini cara membuat desain kartu nama yang bisa buat teman bisnis atau kolegamu jadi terkesan. Meskipun saat ini orang yang umumnya bekerja di kantor membawa gawai (gadget), saling kirim email, chatting pakai WA, pada intinya segala sesuatunya elektronis serta berinternet ria, dan jarang memakai kertas namun kartu nama tetaplah masih jadi andalan bisnis. Jika Anda belum punya kartu nama, apalagi tidak pernah punya stock untuk saling bertukar info profil usaha Anda ke para kolega, klien, ataukah para mitra, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan peluang usaha atau sangat susah untuk membangun citra usaha Anda.

Bagaimanapun juga tidak semua kartu nama dibuat dengan konsep yang sama. Saat ini hampir semua para pelaku usaha UMKM dapat mendesain kartu nama mereka sendiri, atau memesannya secara online, atau malah beli printer murah dan membuatnya sendiri. Namun kartu nama yang ringan ini fungsinya tak dapat diabaikan, dan seringkali diklip dikaitkan dengan dokumen, proposal, berkas, atau apapun yang ujungnya bisa menghasilkan uang.

Kemudian apalah artinya baik buruk suatu desain kartu nama? Inilah tantangan dan peluang untuk membuat suatu citra diri maupun citra usaha Anda, yang harapannya orang akan terkesan begitu melihat kartu nama Anda. Buatlah kartu nama yang memberikan kesan yang Anda inginkan, terlihat fantastis, unik, atau usaha Anda memang terkesan dapat dipercaya.

Jika Anda dapat membuatnya taktis, informasi lengkap, dan terasa ada yang diingat, berarti kartu nama Anda sudah sesuai dengan harapan Anda. Buatlah kartu nama yang efektif, dan Anda dapat meningkatkan kepercayaan bisnis Anda di atas para pesaing Anda sebelum calon klien yang Anda prospek belum pernah melihat portofolio desain Anda atau presentasi Anda.

Tanpa bahasan yang lebih detil dan panjang lagi, yuuk kita bahas cara membuat kartu nama yang efektif dan inovatif. Berikut ada 10 tips, bisa pilih salah satu ataupun kombinasi diantaranya.


1. Selalu ingat prinsip desain dasar


Menerapkan prinsip-prinsip dasar dari desain berbasis kertas untuk kartu nama. Hal ini mungkin tampaknya sudah jelas namun perlu selalu diulang bahwa kartu nama adalah bagian dari secarik kertas yang harus dicetak seperti layaknya jenis kertas yang lain juga. Oleh karena itu, prinsip dasar dari desain berbasis kertas berlaku untuk kartu nama, yakni :

  • §      Lakukan setting ke semua salinan dari masternya agar terus menjaga jarak setidaknya 5mm dari tepi trim.
  • §       Setel resolusi di angka 300 dpi agar apabila dilakukan reproduksi gambar masih terjaga baik.
  • §       Pastikan ukuran minimum dalam hal tipografi (jenis dan ukuran font) agar masih dapat terbaca di saat setelah dicetak.
  • §     Pertimbangkan dan perhatikan penggunaan komposisi warna CMYK dalam desain kecuali jika memang sudah ahlinya dalam mengatur komposisi warna.


Masih banyak ditemui juga para desainer grafis menggunakan pola grid sebagai alat bantu untuk mendesain kartu nama. Dengan metode ini, dapat dengan mudah untuk melakukan penempatan hirarki yang tepat antara informasi yang ditampilkan, pewarnaan, dan desain lain berupa logo, foto, atau artikulasi vektor agar tercipta keselerasan desain.

2. Kreatifitas dalam batasan yang ada


Kartu nama Marine Laurent, menggunakan orientasi kartu nama berdiri / portrait agar pola garis yang ada menjadikan visual terkesan segar

Ada beberapa 'standar' ukuran untuk kartu nama, tergantung di negara mana Anda tinggal, (mungkin karena ukuran dompet juga bervariasi beda sedikit antara negara yang satu dengan negara yang lain). Satu ukuran kartu nama yang seringkali dipakai di dunia biasanya berukuran 55mm x 85mm, meskipun Anda akan melihat banyak ukuran yang berbeda apabila mau mencoba browsing di internet.

Meskipun kita hanya diberi media kertas untuk kartu nama berukuran kanvas kecil, kita masih bisa mencoba kreatif dengan ukuran kertas tersebut. Mulailah dengan mempertimbangkan informasi kunci yang ingin Anda sertakan, yang biasanya berupa  nama, nomor telepon, dan alamat email atau ID media sosial, cobalah untuk selalu mengkombinasikan antara kumpulan informasi yang sederhana tersebut dengan warna, jenis dan ukuran font yang dipilih, dan atau bisa jadi dengan pilihan jenis kertas yang akan dipakai. Kembangkan ide untuk dapat sekreatif mungkin.


3. Hindari kekeliruan tak sengaja yang sering terjadi

 Berhati-hatilah: batas garis (tepian) seperti ini kadang muncul tidak rapi saat sudah dicetak.

Ada beberapa kekeliruan yang tak sengaja dan umum terjadi saat mendesain kartu nama yang harus sering diingat. Pertama dan paling jelas diingat adalah memastikan ada jeda “meluber”-nya tinta sebagaimana yang sudah ditentukan oleh printer yang dipakai. Dan ini biasanya berinterval sebesar 3mm, namun kadang bisa jadi 5mm, jadi periksa dan pastikan! Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal teknis ini, nanti akan kami bahas lebih lanjut.

Sama pentingnya, hindari penggunaan pembatasan langsung di seluruh tepian kartu, karena akan terlihat tidak rapi pinggiran kertas dan garis cetaknya jika kartu tidak sempurna dipotong.


04. Gunakan penyelesaian khusus, spesifik, dan unik

 Kartu nama berupa tutorial gitar ini keluar sinar UV di setiap posisi fret berada


Cara instan untuk membuat kartu nama terlihat berbeda dari yang lain adalah dengan menggunakan sebuah penyelesaian khusus, spesifik, dan unik. Yang dimaksud penyelesaian khusus tersebut antara lain seperti teknik foil-blocking, spot UV dan tinta metalik logam, tentu ini akan berdampak pada biaya pembuatan kartu nama dengan pengeluaran ekstra.
Namun bagaimanapun juga, tip yang satu ini akan membuat kartu nama Anda lebih menarik, terlihat mengesankan dan akan terus diingat.

Printer yang berbeda dengan teknologi terbaru tentu akan menawarkan pilihan yang berbeda untuk membuat penyelesaian yang unik, jadi cari tahu mengenai printer terbaru dan unik bisa dilakukan agar bisa membuat kartu nama yang unik untuk Anda, konsultasikan dengan ahli percetakan. Pastikan Anda tidak merasa kaget untuk biaya yang dibutuhkan.


05. Teknik potong kartu nama dengan sentuhan kreatif


Bahkan dengan membuat pembulatan di sudut kartu saja dapat membantunya terkesan lebih menonjol

Cara yang bagus untuk membuat kartu Anda unik adalah dengan menggunakan proses die-cut (buang yang tak perlu) untuk membuang unsur-unsur yang dianggap tak perlu dari kartu nama tersebut, buat sesuatu sisa ruang didalamnya. Anda bisa menggunakan proses ini (die-cut), misal dengan mengubah bentuk kartu (dengan pembulatan sudut, misalnya), atau Anda dapat membuat lubang dengan bentuk tertentu di tengahnya.

Proses pembuatan kartu nama dengan die-cut ini lumayan mahal di saat membuat pertama kalinya, meskipun saat ini ada printer yang mampu mencetak kartu nama dengan cetakan terlihat seperti menggunakan proses die-cut, dan tentu ini akan membuat biaya pembuatannya jadi lebih murah. Ada banyak contoh kreatif pembuatan kartu nama dengan menggunakan proses die-cut, dan akan terlihat sangat menarik apabila kita bisa kombinasikan dengan kreasi model 3 dimensi. Cobalah ketik kata kunci “die cut business card” dan pilih image di google, wow menarik bukan?


06. Coba pakai bahan yang belum umum


Kartu nama perusahaan keju ini juga dapat berfungsi sebagai parutan

Kebanyakan kartu nama selalu dicetak di kertas yang umumnya sudah sering umum dipakai dan tentunya yang mudah. Ini adalah pilihan wajar karena paling efektif untuk mencetak kartu Anda. Jika Anda mau sedikit lebih kreatif, Anda dapat mencetak ke segala macam bahan yang berbeda termasuk transparan plastik, logam, kayu dan bahkan slate.

Di sini makanan anjing dapat dicetak dan digunakan sebagai kartu nama, dan kebayang dung kalau kartu nama selain sebagai alat promosi, punya fungsi sebagai makanan hewan.

Perlu diingat bahwa kartu nama harus portabel dan mudah untuk disimpan di saku, dompet, atau tas, namun dengan cara kreatif memilih bahan yang tepat, berbeda dengan yang sudah ada, tentu hasil kreasi Anda akan selalu diingat.


07. Jadikan kartu nama yang dibuat jadi lebih berguna
Kartu nama ini dirancang oleh Emily Berry yang dapat diubah menjadi tatakan untuk HP Anda.

Salah satu kelemahan kertas adalah mudah diperoleh dimanapun, dan mudah juga untuk jadi sampah. Beberapa orang merasa cukup menyimpan data yang ada di kartu nama dengan menyimpannya di HP, kemudian buang kartu nama, dan tentu akan berakhir di mesin daur ulang. Apakah Anda terpikir untuk membuat kartu nama lebih berumur panjang, dan lebih berguna?
Kartu nama ini, dibuat oleh Jamie Wieck, termasuk benih taoge yang sudah ditaruh didalamnya dan setelah beberapa hari direndam, tumbuhlah tanaman tersebut di dalam kartu nama!
Beberapa desain kartu nama yang paling berkesan yakni yang mampu menggabungkan fungsi serta bentuk yang ada, tentu kartu nama dengan konsep seperti ini akan membuat kartu nama jadi bertahan lebih lama daripada kebanyakan kartu nama pada umumnya. Contoh, termasuk kartu nama yang dapat berfungsi sebagai tempat untuk rambut klip atau berubah menjadi kursi miniatur untuk HP Anda.


08. Buat dengan konsep Anda sendiri

Studio desain Lo Siento menggunakan stensil untuk membuat kartu bisnis yang unik

Jika Anda merasa kreatif, mengapa tidak membuat konsep kartu bisnis Anda sendiri? Anda dapat menemukan bentuk huruf unik (letterpress kit) di eBay dengan harga yang wajar, dan ini hanya butuh sentuhan sedikit untuk menjadi kartu nama yang unik dengan mudah. Atau Anda bisa menggunakan salah satu template kartu nama gratis yang banyak ditawarkan di beberapa situs.

Membuat kartu nama Anda sendiri memang prosesnya memakan waktu yang cukup lumayan, namun pastinya setelah selesai ada kepuasan tersendiri dalam mengekspresikan jati diri.


09. Daur ulang kartu lama


Kartu ini dibuat secara manual dengan tangan dari kartu ulang tahun, kartu pos, kartu Idul Fitri dan beberapa master kartu yang dirasa keliru dan tidak layak naik cetak

Kart lama, kartu pos, atau bahkan dus kemasan dapat dimanfaatkan dan didesain ulang sebagai kartu nama unik buat Anda. Daur ulang sepertinya terdengar cara yang ramah lingkungan dan memungkinkan Anda untuk mengekspresikannya dengan cara yang baru dan menarik.

Ada banyak contoh yang menarik dari beberapa situs, seperti yang terlihat gambar di atas, untuk memancing ide Anda agar mengalir lancar. Proses dapat dilakukan secara sesederhana dengan cara seperti mendapatkan beberapa stiker cetak yang saling dikombinasi, atau kalau mau agak rumit, misalnya dengan cara pakai lukisan tangan di atas kartu yang lama atau buat motif/cap dengan desain tersendiri.

10. Periksa lagi desain kartu nama Anda
  

Jika kartu nama Anda memiliki beberapa kata, pastikan bahwa kata-katanya adalah ejaan yang benar.

Tip ini berlaku untuk setiap detil cetak pekerjaan yang Anda lakukan, namun sangat penting untuk terus mengulang memeriksa desain kartu nama Anda. Saat sudah dirasa pasti sudah betul dan tidak ada lagi butuh perbaikan maka tinggal kirim ke percetakanmurahcirebon.com untuk segera dicetak.

Tidak ada yang lebih mengesalkan daripada saat mendapatkan kembali kartu nama Anda dan ternyata masih menemukan salah ketik di alamat email atau nama. Periksa berulang-ulang dan detil, agar Anda akan merasa puas setelah mendapatkan hasilnya.


No comments:

Post a Comment